Loading Posts...

Syarat Peminjaman Uang Secara Umum Pada Bank

syarat peminjaman uang

Meminjam uang untuk berbagai keperluan mulai dari modal usaha hingga menutupi kebutuhan pribadi, merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dilakukan oleh banyak kalangan. Mulai dari kalangan pengusaha hingga rakyat jelata, semuanya pasti mengenal dengan jelas kalimat meminjam uang ini. Dalam peminjaman uang sendiri, di masyarakat dikenal dalam dua sistem yaitu peminjaman uang secara pribadi dengan peminjaman uang kepada sebuah lembaga keuangan, yang dalam hal ini disebut dengan bank. Jika meminjam uang secara pribadi hanya diperlukan landasan kepercayaan, hal ini akan berbeda dengan peminjaman uang yang dilakukan kepada sebuah bank. Lalu apa saja syarat peminjaman uang yang harus dipenuhi ketika seseorang memutuskan untuk melakukan pinjaman di bank? Berikut ini sedikit ulasan yang dapat Anda jadikan referensi.

Untuk dapat melakukan peminjaman uang pada sebuah bank, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari berbagai informasi mengenai jenis pinjaman yang ringan dan dapat Anda gunakan sesuai dengan peruntukkannya. Sebagai misal jika Anda membutuhkan modal usaha, maka Anda sebaiknya mengakses jenis pinjaman yang diperuntukkan khusus untuk modal usaha. Pilihlah pinjaman dengan pembebanan bunga yang ringan dan jangka waktu yang sesuai dengan kemampuan Anda dalam melakukan pembayaran.

Beberapa Syarat Mengajukan Pinjaman Uang

Setelah Anda memperoleh informasi secara lengkap dan detail mengenai jenis kredit yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda, hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan berbagai dokumen sebagai syarat peminjaman uang yang akan diminta oleh pihak bank. Pada umumnya pihak bank akan mensyaratkan dokumen secara umum sebagai syarat untuk mengajukan kredit bagi nasabahnya. Adapun dokumen persyaratan tersebut, antara lain adalah:

  • Surat keterangan diri atau KTP pemohon.
  • KTP suami/istri, bagi pemohon yang telah berkeluarga.
  • Buku nikah bagi pemohon yang telah berkeluarga.
  • Kartu keluarga.
  • NPWP.
  • Slip gaji atau keterangan penghasilan.
  • Surat ijin usaha bagi wiraswastawan.
  • Dokumen bukti dari kepemilikan jaminan.

Semua dokumen persyaratan tersebut nantinya akan diminta oleh pihak bank sebagai bahan pertimbangan dan verifikasi dari data yang telah Anda masukkan dalam form pengajuan pinjaman. Oleh karena itu dalam pengisian data pada form pengajuan pinjaman, sebaiknya Anda lakukan dengan teliti dan usahakan sesuai dengan dokumen yang akan Anda sertakan bersama dengan form pengajuan kredit tersebut. Pastikan Anda telah mengisi alamat dan nomor telepon dengan tepat, karena nantinya pihak bank akan memverifikasi data melalui sambungan telepon.

Untuk dokumen bukti dari kepemilikan jaminan, biasanya akan diminta oleh bank pada saat nilai kredit yang Anda ajukan telah disetujui dan dicairkan oleh pihak bank. Namun untuk jenis kredit tertentu pada sebuah bank, yang tidak mensyaratkan adanya jaminan, maka Anda tidak perlu menyiapkan dokumen penyerta yang berupa bukti kepemilikan jaminan tersebut. pastikan bahwa Anda mengetahui dengan jelas jenis kredit yang akan Anda akses tersebut, agar dokumen yang Anda persiapkan pun menjadi lebih jelas.

Syarat peminjaman uang pada bank seperti yang tersebut diatas, merupakan persyaratan umum yang banyak diberlakukan oleh pihak bank. Namun demikian jika terdapat persyaratan khusus yang ditetapkan oleh pihak bank, hal tersebut akan bergantung pada jenis pinjaman yang akan Anda akses serta kebijakan dari bank yang memberikan pinjaman tersebut. Akses lah pinjaman uang dengan benar dan pastikan Anda tidak keberatan dalam penetapan biaya bunga serta biaya lainnya yang harus Anda bayarkan setelah dana pinjaman dicairkan.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!