Loading Posts...

Poin yang Harus Ada dalam Surat Kuasa Ahli Waris

Poin yang Harus Ada dalam Surat Kuasa Ahli Waris

Surat atau dokumen adalah salah satu hal yang harus ada untuk dapat melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan hukum. Salah satunya adalah surat kuasa ahli waris yang merupakan surat dari pihak pemilik tanah yang bisa digunakan untuk dapat menjual tanah dengan ijin pemilik tanah tersebut. Surat tersebut digunakan oleh pihak lain agar dapat menjual tanah ataupun rumah warisan dari yang bersangkutan. Karena merupakan bukti yang sah dan dapat digunakan dengan mempunyai kekuatan hukum, tentunya surat ini bukan surat sembarangan tetapi surat kuasa yang sangat penting. Adapun agar mempunyai kekuatan hukum, ada beberapa poin-poin yang harus ada dalam surat kuasa ini seperti misalnya beberapa poin berikut ini:

1. Identitas lengkap dari ahli waris yang memberikan kuasa

Untuk dapat memberikan kuasa kepada penerima kuasa, harus ada nama, identitas, dan nomor identitas dari pemberi kuasa. Syarat ini harus terpenuhi agar nantinya bisa memberikan kekuatan yang syah kepada surat kuasa agar dapat diakui secara hukum oleh semua pihak. Nama pemberi kuasa harus ditulis dengan lengkap agar dapat menjelaskan dan menerangkan siapa yang memberikan kuasa. Hal tersebut juga untuk menghindari banyaknya kesamaan nama yang ada di masyarakat. Selain nama, nomor KTP juga harus dituliskan serta alamat lengkap dari pemberi kuasa tersebut.

2. Identitas lengkap dari ahli waris yang diberi kuasa

Poin selanjutnya yang harus dituliskan dan ada dalam surat kuasa ahli waris tentunya siapa yang nantinya akan menerima kuasa tersebut. Apabila pemberi kuasa telah dituliskan secara lengkap, untuk penerima kuasa juga berlaku hal yang sama yaitu ditulis secara benar dan lengkap. Tuliskan nama, nomor KTP, dan juga alamat lengkap dan benar dari penerima kuasa tersebut.

3. Deskripsi lengkap atau isi surat ahli waris

Untuk isi yang harus dituliskan selanjutnya adalah mengenai isi keterangan dari surat tersebut. Ada beberapa deskripsi yang harus dicantumkan dalam surat kuasa untuk ahli waris ketika menjual tanah atau rumah ini. Seperti misalnya beberapa deskripsi sebagai berikut ini:

  • Memberikan keterangan mengenai kuasa apa yang diberikan kepada penerima kuasa tersebut.
  • Berikan keterangan apakah kuasa yang diberikan untuk menjual rumah, tanah, atau bisa menghibahkannya kepada penerima kuasa.
  • Memberikan deskripsi dari jenis harta kekayaan yang dipunyai oleh pemberi kuasa yang akan diberikan kepada pihak penerima kuasa.
  • Jelaskan mengenai jenis, harga, batas, luas, dan juga bentuk serta status kepemilikan barang yang akan diberikan dalam surat kuasa tersebut.

4. Tanggal dan juga tempat penandatanganan

Salah satu point selanjutnya yang harus ada dalam surat kuasa untuk ahli waris ini adalah keterangan tanggal dan juga tempat ditanda-tanganinya surat kuasa tersebut. Hal tersebut merupakan point penting yang harus ada agar memberikan keterangan kapan serta dimana surat tersebut ditandatangani dan disetujui oleh kedua belah pihak.

5. Tanda tangan ahli waris yang memberikan kuasa

Point terakhir yang harus ada dalam surat kuasa ahli waris ini adalah tanda tangan dari kedua belah pihak yaitu pemberi dan penerima kuasa. Surat ini akan dianggap syah apabila memiliki tanda tangan keduanya. Pemberian tanda tangan tersebut juga harus dilakukan dengan sukarela dan tidak boleh ada pemaksaan dalam prosesnya. Sehingga apabila ada tuntutan kedepannya bisa untuk dibawa kepada pihak hukum untuk membuktikan mengenai keabsahan dari sebuah surat kuasa untuk ahli waris ini.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment