Loading Posts...

Seperti Apa Simulasi Kredit Mobil ? Begini Cara Menghitungnya

simulasi kredit mobil

Banyak masyarakat yang masih belum paham bagaimana cara menghitung simulasi kredit mobil. Sebenarnya seperti inilah serba-serbi perhitungan dari simulasi kredit untuk mobil yang harus Anda pahami.

Meskpun sudah banyak bank dan leasing yang menawarkan simulasi dari kredit pembelian mobil ataupun motor, namun kenyataannya masih banyak masyarakat yang masih bingung serta belum paham secara mendetails mengenai bagaimana cara menghitung simulasi tersebut.

Umumnya nanti awalnya pihak bank ataupun leasing akan menjelaskan terlebih dahulu secara gamblang dimulai dari persyaratan, perjanjian, hingga penghitungan simulasi kredit kepada calon pembelinya.

Setelah itu barulah Anda disuruh untuk menentukan tipe mobil apa yang ingin Anda beli. Namun terlepas dari semua itu, apakah Anda pernah berpekir sebenarnya seperti apa cara menghitung simulasi kredit mobil ataupun motor tersebut?

kredit mobil

Cara Menghitung Simulasi Kredit Mobil

Supaya lebih paham lagi seperti apa sebenarnya alur dari perhitungan smulasi kredit untuk mobil ini, coba perhatikan dengan seksama ulasan di bawah ini:

  1. Menghitung Uang DP

Ketika harga mobil seumpama Rp 200 juta, kemudian uang DP yang ditentukan misalnya 20% maka uang yang harus dibayarkan di muka adalah Rp 40 juta. Umumnya DP ini jumlah minimalnya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh pihak bank ataupun leasing. Rumus untuk menghitung uang DP yang harus Anda bayarkan adalah:

Uang DP x Harga Mobil.

20% x Rp 200 juta = RP 40 juta.

  1. Menghitung Pokok Kredit (PK)

Baca Juga: Berikut Ini Keunggulan dari KTA Standard Chartered Indonesia

Kemudian untuk menghitung pokok kredit (PK) atau istilahnya sisa kredit yang harus Anda bayar bisa dengan menggunakan rumus:

PK = Harga Mobil – DP

Rp 200 juta – Rp 40 juta = Rp 160 juta.

  1. Menghitung Tarif Bunga (TB)

Simulasi kredit untuk mobil kemudian dilanjutkan dengan menentukan tarif bunga (TB) yang harus dibayarkan terlebih dahulu. Untuk caranya adalah dengan mengalikan Pokok Kredit (PK) dengan persenan dari Tarif Bunga (TB) yang sebelumnya sudah ditentukan berdasarkan dari tenor atau jangka waktu (JW) yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Untuk menentukan Tarif Bunga (TB) ini rumusanya adalah Tarif Bunga (TB) = Pokok Kredit (PK) x TB%. Ketika seumpama jangka waktu yang Anda ambil adalah 3 tahun maka persenan dari tarif bunganya adalah 8%. Baca Juga: Bank Danamon dan Tips untuk Menabung

Rp 160 juta x 8% = Rp 12,8 juta x 3 tahun = Rp 38,4 juta.

  1. Menghitung Besaran Cicilan

Setelah memperoleh jumlah tarif bunga yang harus dibayarkan selama jangka waktu cicilan 3 tahun, selanjutnya tinggal menghitung besaran dari cicilan yang harus Anda bayar.

Rumusnya adalah (PK + TB) : JW = Besaran Cicilan.

(Rp 160 juta + Rp 38,4 juta) : 3 tahun (36 bulan) = Rp 5.551.200.

  1. Menetukan Biaya Administrasi dan Tarif Asuransi

Pada saat menghitung simulasi pada mobil jangan sampai lupa untuk menghitung juga tarif asuransi dan biaya administrasinya. Untuk rumus menghitung tarif asuransi adalah:

Tarif Asurandi x Harga Mobil. Jadi seumpama taris Asuransi untuk 3 tahun adalah 9,5 % maka cara menghitungnya jadi seperti ini: 9,5% x Harga Mobil = 9,5% x Rp 200 juta = Rp 19 juta.

Kemudian untuk menghitung biaya administrasinya umumnya untuk mengajukan kredit mobil selama 3 tahun kurang lebihnya adalah Rp 550.000.

Maka dari itu jika dihitung semuanya untuk biaya pembayaran pertama kredit mobil rumusnya adalah Uang DP + Cicilan Bulan Pertama + Tarif Asuransi + Biaya Administrasi. Dan nanti akan ketemu seperti ini Rp 40 juta + Rp 5.511.200 + Rp 19 juta + Rp 550.000 = Rp 65.061.200. Jadi seperti itulah cara menghitung simulasi kredit mobil.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!