Loading Posts...

Samsat Online, Membayar Pajak Motor Semakin Terasa Mudah

Samsat Online, Membayar Pajak Motor Semakin Terasa Mudah

Apakah Anda pernah merasakan repotnya mengurus perpanjangan STNK karena harus mendatangi kantor Samsat. Tetapi, sekarang Anda bisa berbahagia karena mengurus perpanjangan STNK tidak lagi sulit bahkan merepotkan, pelayanan pembayaran pajak seperti STNK dapat Anda lakukan secara online. Anda tidak perlu lagi mengorbankan waktu Anda untuk mengantri lama. Bahkan, pemerintah secara terus menerus meningkatkan pelayanan Samsat Online menjadi semakin mudah.

Syarat Dalam Mengurus Perpanjang STNK Online

Dengan berkembangnya teknologi, sekarang masyarakat bisa menggunakan layanan Samsat secara online. Layanan ini menyediakan berbagai macam layanan pembayaran pajak kendaraan seperti:

  1. Kendaraan bermotor tidak ganti STNK,
  2. Kendaraan bermotor pengesahan STNK selama 1 tahun,
  3. Kendaraan bermotor disertai dengan BPKB, serta KTP pemilik asli, STNK,
  4. Kendaraan bermotor keadaan terlambat yang tidak lebih dari 1 tahun,
  5. Kendaraan bermotor yang tidak dalam keadaan rusak atau hilang.

Secara umum, layanan dari Samsat online ini memiliki 2 manfaat yakni untuk Samsat, Samsat ini menyajikan data secara akurat bahkan up to date, sehingga bisa dilihat realisasi serta penerimaan per UPT PPD atau pun keseluruhan. Untuk para WP atau Wajib Pajak bisa memudahkan pembayaran pajak karena bisa membayar pajak di kantor bersama Samsat manapun asalkan dalam 1 provinsi. Sekarang ini baru terdapat provinsi yang telah melayani pembayaran pajak dengan cara online yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Nangroe Aceh Darusalam. Ada berbagai macam Samsat terpadu ini.

Pertama, Samsat Terpadu di Jawa Barat. Polda Jawa Barat serta pihak terkait memang sudah membuat inovasi dengan peluncuran perpanjang STNK online yang dapat dilakukan di seluruh wilayah Polda Jawa Barat. Meskipun prosesnya dilakukan secara online, tetapi Anda harus melakukannya di Samsat terdekat. Contohnya saja jika sekarang Anda tinggal di Bekasi, tetapi STNK berasal dari Samsat Cirebon. Anda tidak harus datang ke Cirebon karena Anda bisa mengurusnya di Bekasi. Wilayahnya ialah Wilayah Polda Jabar, seluruh Samsat yang berada di Polda Jabar, dan wilayah Polda Metro Jaya di Samsat Bekasi serta Samsat Cikarang.

Kedua, E-Samsat Jawa Timur. Inovasi dari E-Samsat Jawa Timur ini memiliki fitur yang cenderung lebih bagus bila kita membandingkannya dengan E-Samsat yang berada di Jawa Barat, karena pembayarannya bukan hanya menggunakan ATM tetapi pembayarannya dapat dibayar di Teller Bank Jatim, bahkan Anda dapat mengakses di mobile banking serta internet banking. Untuk tahap pembayarannya, Anda bisa kunjungi situs dari Bank Jatim. Anda hanya perlu memasukkan data di web e-samsat dan ikuti berbagai macam tahapan yang ada.

Terakhir, Samsat online Jawa Tengah. Provinsi Jateng juga memiliki Samsat secara online dengan menggandeng Bank Jatim. Tetapi untuk pembayaran secara online hanya bisa dilakukan di ATM Samsat dari Bank Jateng. Untuk lebih jelas Anda dapat mengakses situs dari Dispenda Jateng. Memang sistem E-Samsat ini begitu memudahkan karena kita tidak perlu lagi antri hingga berjam-jam hanya untuk melakukan pembayaran pajak, selain itu kita juga tidak akan terbujuk lagi dengan rayuan calo yang menghalalkan segala cara agar kita menggunakan jasanya. Kita bisa melakukan pembayaran online dengan begitu nyaman dan mudah. Simak info lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/cara-perpanjang-stnk-online/. Namun jangan sampai adanya E-Samsat ini membuat kita larut dalam kelebihannya sehingga melupakan tanggal dari kewajiban melakukan pembayaran pajak. Jadi, cek kembali dan lihat kapan Anda harus memenuhi kewajiban pembayaran ini.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment