Loading Posts...

Program Pinjaman Bank BRI Mikro Kecil

Pinjaman Bank BRI
Pinjaman Bank BRI

Meminjam uang di salah satu bank merupakan sebuah solusi yang banyak dilakukan orang, ketika mereka membutuhkan dan untuk berbagai keperluan. Selain berbagai kemudahan dalam mengakses dana pinjaman, melakukan peminjaman dana di bank merupakan sebuah hal yang aman untuk dilakukan untuk menghindari terjebak pada pinjaman dengan bunga rentenir. Bank BRI sebagai salah satu bank nasional yang berkomitmen dengan pelayanan kepada masyarakat kecil dan menengah pun, kini telah menghadirkan berbagai program pinjaman dana yang dikhususkan untuk membantu kebutuhan dana masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Program pinjaman Bank BRI ini dapat diakses oleh siapa saja dengan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Bank BRI.

Salah satu program peminjaman dana yang khusus diberikan oleh Bank BRI kepada para wirausahawan dengan kelas usaha mikro atau usaha kecil adalah program Kredit Usaha Rakyat atau yang oleh banyak orang disebut dengan KUR. Program peminjaman dana bagi pengusaha kecil ini merupakan program kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah dengan menggandeng Bank BRI sebagai pelaksana dalam rangka meningkatkan serta menumbuh-kembangkan Usaha mikro, kecil dan menengah.

 

Beberapa Jenis Program Pinjaman Bank BRI

Dana pinjaman yang diberikan oleh Bank BRI ini ditujukan untuk memberikan modal kepada para pengusaha kecil yang memang tengah menjalankan usaha namun dengan kondisi modal yang terlalu pas-pasan. Untuk dapat mengakses jenis kredit ini, biasanya pihak Bank BRI memberikan syarat utama yang harus dimiliki oleh para debitur mereka. Syarat utama dari jenis kredit usaha ini adalah memiliki usaha yang telah berjalan minimal telah berjalan aktif selam 6 bulan. Namun untuk jenis KUR tertentu tidak mensyaratkan usaha didalamnya, karena jenis KUR ini diberikan sebagai pembiayaan keberangkatan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri.

Berikut ini beberapa jenis program pinjaman Bank BRI yang digolongkan dalam jenis Kredit Usaha Mikro, antara lain adalah:

  1. KUR Mikro, yang merupakan kredit yang diberikan kepada individu yang tengah melakukan usaha secara produktif dengan minimal berjalannya usaha selam 6 bulan. Kredit ini mempunyai plafon dari 5 juta rupiah hingga 25 juta rupiah.
  2. KUR Ritel, merupakan program kredit yang diberikan kepada para pengusaha kecil yang telah memiliki ijin usaha, dengan minimal usaha telah berjalan selama 6 bulan. Plafon yang diberikan untuk kredit mikro ini adalah 25 juta rupiah hingga 500 juta rupiah.
  3. KUR TKI, merupakan kredit yang diberikan bagi mereka individu yang hendak berangkat kerja ke luar negeri secara resmi melalui program pemerintah. Plafon yang ditetapkan untuk jenis KUR ini adalah 25 juta atau sesuai dengan biaya keberangkatan resmi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk dapat mengakses jenis pinjaman ini, biasanya pihak Bank BRI akan meminta beberapa persyaratan umum, yang biasanya digunakan sebagai persyaratan dalam pengajuan sebuah pinjaman. adapun beberapa persyaratan tersebut antara lain adalah:

  • Kartu Identitas diri atau KTP.
  • Kartu Keluarga.
  • KTP Istri/suami serta buku nikah bagi mereka yang telah berkeluarga.
  • Surat keterangan usaha bagi KUR yang dikhususkan untuk pengusaha Kecil dan mikro.
  • Perjanjian kerja, visa dan paspor bagi jenis KUR TKI.

Untuk suku bunga program pinjaman Bank BRI ini, biasanya akan berubah dari tahun ke tahun tergantung pada kebijakan pemerintah serta fluktuasi suku bunga Bank Indonesia https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Jika pada tahun 2016 lalu bunga yang dikenakan untuk program ini berkisar pada angka 9%, namun untuk tahun ini banyak beredar kabar bahwa bunga KUR akan mengalami penurunan sebesar 7%.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment