Loading Posts...

Inilah Cara Perpanjang Paspor Baik Secara Manual Maupun Online

Inilah Cara Perpanjang Paspor Baik Secara Manual Maupun Online

 

Setiap orang yang akan bepergian ke luar negeri pasti akan membutuhkan paspor, paspor adalah sebuah dokumen penting yang berisi identitas diri serta informasi lainnya mengenai pemilik passport tersebut. sebagai dokumen pribadi passport juga memiliki masa berlaku yaitu maksimal 5 tahun dan apabila masa berlaku telah habis maka pemilik harus mengurus perpanjang paspor yang mereka miliki agar dapat di pergunakan kembali. Dalam kenyataannya masih banyak masyarakat yang agak kebingungan mengenai bagaimana cara untuk memperpanjang masa berlaku dokumen tersebut dikarenakan minimnya informasi yang mereka ketahui. Faktor kesibukan juga menjadi salah satu alasan bagi mereka untuk mengurus perpanjangan dokumen tersebut maka tak sedikit pula yang menggunakan jasa orang lain atau biro jasa untuk membantu pengurusannya.

Di zaman seperti sekarang ini, tekhnologi bukanlah hal yang asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Dengan adanya akses internet sangat membantu kebutuhan masyarakat salah satunya ialah pengurusan paspor yang telah berkembang dan semakin mudah karena dapat di kerjakan secara online sehingga dari rumah saja Anda sudah bisa melakukannya. Selain itu dengan adanya sistem online ini dapat menghindari campur tangan calo yang bisa saja merugikan masyarakat.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai bagaimana cara untuk perpanjang paspor, berikut adalah cara mengurusnya baik secara online maupun secara manual antara lain:

1. Mengurus perpanjangan secara manual

Memperpanjang masa berlaku paspor secara manual yaitu dengan cara mendatangi langsung kantor imigrasi memang membutuhkan kesabaran yang ekstra karena harus menghadapi proses serta antrian yang tak sedikit. Jika Anda memilih cara ini, ikutilah tips di bawah ini:

  • Jangan gunakan pakaian berwarna putih karena background foto adalah warna putih.
  • Pelayanan di buka mulai jam 07.00 pagi sehingga usahakan datang lebih awal selain itu lengkapi dokumen persyaratan yang di perlukan untuk memudahkan prosesnya.
  • Persiapkan diri Anda sebab berkas harus di serahkan oleh pemohon langsung dan tidak dapat diwakilkan.
  • Khusus bagi balita, lansia, serta orang yang berkebutuhan khusus (difabel) akan mendapatkan nomor antrian priority dan akan di panggil terlebih dahulu.
  • Setelah petugas memeriksa seluruh dokumen seperti akta lahir, kartu keluarga, kartu tanda penduduk ( KTP ), paspor lama jika sesuai maka akan di berikan formulir untuk di isi oleh pemohon, bawalah alat tulis sendiri karena di sini tidak di sediakan alat tulis bagi pemohon.
  • Saat wawancara biasa akan di tanya mengenai keperluan yang berhubungan kunjungan ke luar negeri oleh Karena itu persiapkan jawaban dengan jujur serta akurat.
  • Saat pengambilan paspor sebaiknya diatas jam 1 untuk memastikan paspor Anda telah tersedia
  • Pengambilan passport dapat diwakilkan dengan membawa surat kuasa dan KTP pemilik.

2. Perpanjang dengan cara online

Cara perpanjang paspor secara online terbilang lebih praktis dan efisien dan menjadi cara yang paling banyak di gunakan, jika Anda ingin menggunakan cara ini, berikut tipsnya:

  • Pendaftaran secara online bisa di lakukan di website resmi imigrasi yaitu http://www.imigrasi.go.id kemudian ikuti dan isi data sesuai identitas diri.
  • Setelah selesai Anda akan mendapatkan email balasan yang berisi form pembayaran yang dapat di lakukan di bank BNI 46 terdekat dengan lokasi Anda, Simpan bukti pembayaran untuk di bawa ke kantor imigrasi.
  • buka kembali email dan klik link yang di kirim untuk mengisi formulir jadwal wawancara.
  • cetak formulir dan siapkan dokumen pribadi yang di butuhkan.
  • meskipun antrian pendaftar online dan langsung di bedakan namun usahakan datang lebih awal ke kantor imigrasi sesuai dengan tanggal permohonan yang telah Anda buat.
0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment