Loading Posts...

Sebelum Memilih, Kenali Dulu Jenis Pinjaman Uang Berikut Ini!

cari pinjaman uang

Keadaan finansial memang tak bisa dikatakan sebagai perkara mudah, apalagi jika sudah berhubungan dengan kebutuhan hidup. Sebagai salah satu solusinya maka ada banyak sekali produk pinjaman uang yang menjamur di masyarakat, dari berbagai pilihan lembaga. Baik itu lembaga bank ataupun non bank. Seperti yang diketahui setiap produk pinjaman yang ditawarkan pastinya mengandung konsekuensi, inilah juga yang masuk dalam profit perusahaan finansial tersebut, yaitu nilai suku bunganya, baik itu bank maupun non bank pastinya akan memberlakukan hal tersebut.

Berbeda jika Anda memilih jenis pinjaman yang lainnya, seperti datang kepada teman atau keluarga, bisa dikembalikan kapanpun dan juga tanpa tambahan biaya apapun. Hanya saja ini bukan perkara yang mudah, apalagi jika jumlah pinjaman yang dibutuhkan juga tak sedikit. Pikir-pikir lagi untuk meminjam kepada mereka, jangan sampai permintaan Anda tersebut justru akan memberatkan nya kemudian. Satu hal penting yang harus diketahui mengenai produk-produk pinjaman adalah keamanan. Tak semua lembaga ternyata juga menjamin bahwa pinjaman mereka akan aman untuk digunakan.

Baca Juga: Pinjaman Syariah Solusi Pinjaman Tanpa Bunga

Cara Memilih yang Benar Sebelum Mengajukan Pinjaman Uang

Belakangan ini sangat marak bermunculan beberapa kantor yang mengatasnamakan sebagai perusahaan pinjaman. Namun memberikan nilai suku bunga yang sangat tinggi dengan kriteria yang berlebihan juga. Hati-hati jika Anda ingin melakukan transaksi dengan mereka. sebelum mengajukan sebuah pinjaman uang bank ada baiknya untuk tau bagaimana cara pemilihan yang benar terlebih dahulu:

1. Pinjaman berdasarkan dengan jangka waktunya, berdasarkan dengan jangka waktu atau tenor dalam pelunasan, hutan dibagi atas 3 jenis, yaitu hutang jangka pendek, dimana masa pengembaliannya sekurang-kurangnya adalah selama 1 tahun, kemudian hutang jangka menengah yang harus dikembalikan paling tidak selama 1 hingga 3 tahun, kemudian hutang dengan masa pengembalian lebih dari 3 tahun dikatakan sebagai hutang jangka panjang.

2. Pinjaman berdasarkan dengan penggunaannya, ada banyak faktor yang memang membuat seseorang memutuskan untuk pinjam, ada yang digunakan untuk kebutuhan konsumtif dan juga kebutuhan produktif. Umumnya pinjaman untuk kebutuhan konsumtif ini kurang disarankan, karena akan memberatkan dalam pengembalian nantinya, lebih disarankan bagi Anda untuk berhutang jika dipakai guna kebutuhan produktif seperti berbisnis atau investasi.

3. Pinjaman untuk kebutuhan usaha, untuk kebutuhan bisnis sendiri dibagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah pinjaman modal kerja yang dipakai untuk menjalankan sebuah bisnis. Kemudian juga ada yang dipakai untuk kebutuhan investasi dan satu lagi pembangunan sebuah proyek yang memakan biaya besar.

4. Berdasarkan sifat penarikannya, untuk jenis yang satu ini digolongkan atas 2, yaitu penarikan secara langsung atau tunai dengan penarikan secara tak langsung, atau dilakukan secara berkala, sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Berdasarkan pengembaliannya atau pelunasannya, dibagi atas 2 yaitu pelunasan langsung atau sekali bayar setelah jatuh tempo, satu lagi adalah pembayaran dalam bentuk cicilan atau angsuran, pembayaran jenis ini yang paling banyak digunakan untuk pinjaman bernilai tinggi, akan dibayarkan tiap bulannya dalam jumlah yang sudah ditentukan.

6. Pinjaman berdasarkan metode pembayaran, dibagi atas 2 yaitu kredit bilateral yang dibayarkan oleh satu bank saja, sedangkan untuk jumlah yang tinggi adalah kredit sundial yang pembiayaannya oleh lebih dari satu bank atau beberapa instansi keuangan.

Setelah mengetahui ragamnya, Anda bisa menentukan pinjaman uang maka yang akan dipilih, kunjungi https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan untuk membandingkannya. Dengan banyaknya lembaga keuangan yang ada di dalam negeri sebenarnya menjadi sebuah keuntungan tersendiri jika Anda mengalami masalah finansial.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment