Loading Posts...

Kelemahan-kelemahan Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui!

invetasi emas

Emas adalah jenis logam mulia yang merupakan salah satu jenis yang bisa untuk investasi masyarakat. Ada dua jenis emas yaitu emas batangan dan juga emas perhiasan yang mempunyai banyak perbedaan dari bentuk, harga, dan juga fungsinya. Akan tetapi kedua jenis emas tersebut merupakan barang yang bisa untuk menjadi bahan investasi yang menguntungkan. Oleh karena itulah sekarang ini banyak masyarakat yang mulai melirik untuk investasi emas yang mempunyai harga yang cukup stabil dan juga nilai yang bisa untuk dijual dan mendapatkan keuntungan apabila mempunyai strategi penjualan yang bagus.

Akan tetapi jenis emas ini juga mempunyai beberapa kerugian apabila menjadi barang investasi. Hal tersebut tentu saja memungkinkan karena pada dasarnya setiap investasi mempunyai kerugiannya masing-masing. Dimana ada banyak investasi seperti saham yang bisa untuk menguntungkan tetapi juga dapat untuk menimbulkan kerugian apabila tidak bisa untuk memilih saham yang akan dapat menguntungkan. Oleh karena itulah banyak masyarakat yang rugi apabila dan kehilangan uang yang ditanamkan apabila tidak memilih produk investasi yang mempunyai prospek bagus dimasa depan. Hal itu juga tentu saja berlaku pada investasi jenis emas yang mempunyai kekurangan seperti berikut ini:

1. Resiko kehilangan
Investasi emas ini mempunyai salah satu kerugian yang paling banyak dikhawatirkan oleh banyak orang yaitu sifatnya yang mudah hilang. Terutama untuk masyarakat yang mempunyai investasi jenis emas perhiasan. Akan tetapi walaupun mempunyai jenis emas batangan juga rawan kehilangan apabila ada maling masuk rumah atau yang mengetahui tempat penyimpanan dari emas yang dipunyai. Oleh karena itulah untuk mengurangi resiko ini lebih baik untuk melakukan penyimpanan emas yang aman dimana bisa untuk ditabungkan di bank atau koperasi yang menyediakan tabungan emas. Sehingga bisa untuk mengurangi resiko kehilangan dari emas ini yang digunakan untuk investasi masa depan.

2. Harganya fluktuatif
Harga fluktuatif dari emas bisa untuk menjadi keuntungan sekaligus kekurangan untuk para investor emas. Dimana bagi masyarakat yang bisa untuk mengatur strategi akan membeli emas saat harga murah dan kemudian menjualnya dengan harga yang tinggi. Akan tetapi hal tersebut bisa dilakukan apabila disaat memungkinkan sehingga akan menguntungkan. Tetapi bagi yang tidak bisa untuk mengambil kesempatan yang baik maka justru dapat untuk menjual emas saat harga murah di pasaran sehingga akan rugi. Selain itu kebutuhan uang juga tidak bisa diperkirakan sehingga apabila secara mendadak membutuhkan uang sehingga dapat menjualnya akan tetapi apabila harganya sedang turun maka investor tentu saja akan mengalami kerugian.

3. Dampak yang kecil terhadap ekonomi
Investasi jenis emas ini tidak secara langsung dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi. Hal ini karena investasi ini tidak dapat untuk membawa keuntungan dan cenderung hanya digunakan untuk kepentingan pribadi dari investor sendiri. Oleh karena itulah investasi ini tidak akan menimbulkan dampak ekonomi seperti investasi saham yang dapat untuk menguntungkan pendapatan negara.

4. Investasi jangka panjang
Jenis investasi emas ini merupakan jenis investasi jangka panjang sehingga tidak cocok untuk masyarakat yang ingin mendapatkan keuntungan dalam jumlah banyak yang cepat. Oleh karena itulah untuk mendapatkan keuntungan yang besar investor juga harus mempunyai jumlah emas dalam jumlah banyak sehingga bisa untuk menguntungkan. Invest emas sendiri juga tidak cocok karena mempunyai harga yang cenderung menurun apabila kondisi ekonomi yang sedang stabil.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment