Loading Posts...

Jenis Aplikasi Kredit Bank, Kelebihan Serta Kekurangannya

aplikasi kredit bank

Aplikasi kredit bank adalah pengajuan untuk mendapatkan kredit di bank. Cara untuk mengajukan kredit tersebut biasanya terbagi menjadi dua cara yaitu konvensional dan secara online. Kedua cara pengajuan kredit tersebut tentu saja mempunyai berbagai macam keuntungan dan juga kekurangan masing-masing. Sehingga untuk meyakinkan nasabah dan masyarakat sebelum mengajukan kredit di bank tertentu sebaiknya perhatikan beberapa poin mengenai perbedaan pengajuan aplikasi kredit ke bank seperti di bawah ini.

Cara pengajuan pertama adalah dengan langkah konvensional yaitu datang langsung ke pihak bank. Untuk dapat mengajukan kredit biasanya memang masyarakat lebih suka untuk mengajukan dengan datang ke bank secara langsung karena mempunyai banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh mereka. Cara konvensional ini biasanya disukai dan dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah kecil dan umumnya belum mengenal teknologi sehingga lebih memilih datang langsung ke kantor.

Untuk aplikasi kredit di bank dengan cara konvensional ini mempunyai banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh masyarakat terutama untuk kejelasan pinjaman yang akan dipilih. Biasanya masyarakat akan mempunyai akses dan pemahaman yang berbeda mengenai informasi kredit yang ada di sebuah bank. Oleh sebab itu bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih detail mengenai jenis pinjaman yang ada di bank serta aturan yang diberlakukannya dengan lebih jelas sebaiknya bisa datang langsung ke pihak bank. Apabila datang langsung ke kantor Anda bisa untuk bertanya dengan lebih jelas dan akan mendapatkan keterangan dari petugas bank yang profesional. Hal tersebut juga dapat meyakinkan Anda untuk memilih jenis kredit yang cocok untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk kekurangan dari cara aplikasi kredit bank yang ada dengan datang langsung ke kantor cabang bank adalah sebagai berikut:

  • Harus meluangkan waktu untuk datang langsung ke bank terdekat sehingga tidak cocok untuk masyarakat yang sibuk. Hal tersebut akan menyita waktu yang akan dikeluarkan apabila akan mengajukan kredit ke bank.
  • Tidak menghemat tenaga yang akan dikeluarkan karena selain harus datang langsung ke kantor bank tersebut, nasabah juga tidak jarang harus mengantri dan akan menghabiskan selain waktu juga tenaga.
  • Cara ini sendiri tidak praktis dan harus menyisipkan waktu khusus untuk datang ke bank sehingga tidak cocok untuk masyarakat yang sering sibuk dan tenggelam dengan pekerjaannya.

Sedangkan untuk cara pengajuan kredit di bank yang kedua adalah dengan pengajuan kredit bank dengan online. Hal ini mempunyai banyak sekali kelebihan yang ditawarkan dan merupakan cara yang banyak digunakan sekarang ini. Untuk kelebihan dari jenis pengajuan ini sendiri ada banyak seperti berikut ini:

  • Lebih praktis karena bisa mengisi formulir kredit yang dipilih dengan cara online baik itu melalui website resmi bank maupun banyak jasa peminjaman lainnya.
  • Tidak membuang tenaga dan waktu untuk mengantri di bank secara langsung.
  • Cocok untuk seseorang yang sibuk bekerja sehingga tidak punya waktu ke bank.

Akan tetapi aplikasi kredit bank dengan cara online juga mempunyai beberapa kekurangan yang didapatkan oleh masyarakat. Misalnya apabila terjadi ketidakjelasan mengenai syarat dan ketentuan pengajuan tidak bisa bertanya langsung kepada petugas bank. Sehingga apabila ada syarat yang berubah seseorang yang mengajukan pinjaman secara online harus mengirimkan lagi berkas pengajuannya dengan yang baru dan harus dilengkapi maupun diperbaiki apabila aturan dari bank juga berubah. Hal tersebut akan membuat proses menjadi lebih lama tentunya untuk menerima kredit yang diperlukan.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!