Loading Posts...

Tips dan Trik dalam Bisnis Properti untuk Pemula

Tips dan Trik dalam Bisnis Properti untuk Pemula

Dengan semakin banyaknya jumlah penduduk di Indonesia, maka semakin banyak juga kebutuhan akan perumahan serta properti lain di tanah air. Dengan fenomena kini dapat dilihat banyak sekali pembangunan-pembangunan properti khususnya perumahan yang digalakkan baik oleh pemerintah dengan rumah subsidinya ataupun oleh sektor swasta. Namun bukan cuma pemerintah dan perusahaan properti saja yang dapat melakukan bisnis properti ini untuk mendapatkan keuntungan dari fenomena tersebut. Siapa saja asalkan memiliki modal dan pengetahuan yang memadai dapat melakukannya apalagi saat ini memang bisnis inilah yang paling banyak dibutuhkan dan menjanjikan.

Bisnis ini pada dasarnya dapat dikatakan sebagai bisnis menjual atau membeli properti untuk dijual kembali dengan mendapatkan keuntungan dari selisih harganya. Bagi perusahaan besar yang memiliki modal banyak, mereka lebih memilih untuk membangun sebuah perumahan dengan cara membeli tanah yang cukup luas dan membangunnya satu per satu ketika sudah ada masyarakat yang berencana membeli rumah tersebut. Tentu saja bank memberikan peranannya jika calon pemilik menggunakan sistem KPR seperti yang selama ini dilakukan. Perusahaan properti baru akan membangun unit yang mana sudah disetujui oleh bank terhadap si calon pemilik rumah tersebut sehingga ada jaminan bagi perusahaan properti atas pembiayaan pembangunannya.

Namun bagi Anda yang bergerak secara perseorangan dan memiliki modal terbatas, bukan tak mungkin untuk ikut meramaikan usaha properti ini. Anda bisa menabung untuk membeli sebidang tanah ataupun sebagai uang muka rumah yang akan dibeli, namun pastikan Anda telah mengecek atau melakukan survey-survey yang diperlukan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Survey lokasi.

Apakah termasuk berada di daerah yang aman dari penggusuran oleh kepentingan negara, aman dari banjir atau bencana alam lainnya dan cukup strategiskan untuk dijadikan investasi.

  • Survey keadaan tanah jika yang dibeli adalah tanah.

Membeli tanah justru lebih mudah dalam bisnis propertinamun pastikan kondisi tanah baik, gembur atau tidak gersang dan mudah untuk dibangun bangunan di atasnya.

  • Survey bahan bangunan yang digunakan.

Jika Anda membeli sebuah rumah, maka pastikan bahan bangunan yang digunakan untuk membuat rumah tersebut kuat dan awet atau tahan lama. Hal ini pastinya akan menentukan harga jual dari rumah Anda nantinya.

Jika Anda membeli properti dengan cara pembayaran cash, Anda bisa lebih cepat menjualnya kembali. Namun pastikan Anda menjualnya di saat yang tepat. Seperti emas, properti juga memiliki waktu yang baik untuk menjual kembali. Misalnya ketika lokasi tersebut sudah mulai lebih ramai, ketika infrastruktur sudah baik atau ditunggu hingga beberapa tahun kedepan pastinya harganya akan semakin lebih tinggi dari harga ketika Anda membelinya.

Jika Anda membeli rumah, maka Anda bisa langsung menyewakannya ketika sudah menjadi milik Anda baik secara cash maupun kredit. Dengan begitu rumah tersebut sudah dapat memberikan Anda penghasilan dengan sendirinya. Jika ingin menjualnya kembali maka pastikan saatnya sudah tepat dan harga jualnya sepadan dengan masa tunggu dan modal yang Anda keluarkan.

Itulah cara sederhana untuk memulai bisnis properti bagi Anda yang memiliki modal terbatas. Jangan khawatir karena sebagai besar bisnis ini akan menguntungkan asalkan Anda memperhatikan betul keadaan tanah dan lokasi tempat properti Anda tersebut. Jangan sampai Anda membeli properti di daerah rawan banjir atau di pinggir jalan yang akan dilebarkan karena nantinya akan menjadi bumerang saat Anda ingin menjualnya kembali.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment