Loading Posts...

Langkah-langkah Serta Biaya Balik Nama Motor di Samsat

Langkah-langkah Serta Biaya Balik Nama Motor di Samsat

Apabila membeli kendaraan bekas baik itu mobil dan motor, biasanya ada biaya lain yang harus dikeluarkan oleh masyarakat. Biaya tersebut adalah biaya balik nama motor yang dilakukan agar dapat dengan mudah mengurus apabila memerlukan perpanjangan STNK dan surat kendaraan yang lainnya. Untuk rincian biaya serta proses dan tahap yang harus dilakukan untuk mengurus nama balik motor di Samsat tersebut adalah sebagai berikut.

Biaya untuk balik nama motor ini terbagi menjadi dua hal yaitu biaya pajak dan juga biaya non pajak. Untuk biaya pajak adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk mengubah hal yang ada dan tertera di STNK motor tersebut hingga proses balik nama selesai. Biaya ini meliputi BBBN KB atau biaya untuk Bea Balik Kendaraan Bermotor. Selain itu ada juga PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor, biaya SWDKLJJ atau sumbangan untuk dana kecelakaan, biaya administrasi pengurusan STNK, dan terakhir biaya administrasi untuk TNKB. Untuk biaya pajak ini sendiri biasanya dibawah 1 juta dan lebih murah daripada untuk biaya balik nama mobil.

Sedangkan untuk biaya non pajak yang harus dikeluarkan untuk melakukan balik nama motor ini juga ada beberapa hal seperti:

  • Biaya untuk tip yang diberikan kepada petugas saat tes fisik yang jumlahnya sukarela tergantung dari masyarakat sendiri.
  • Biaya untuk mengesahkan hasil cek fisik yang diserahkan.
  • Biaya untuk pendaftaran balik nama untuk STNK motor tersebut.
  • Biaya untuk pendaftaran balik nama untuk BPKB motor.

Adapun prosedur yang harus dilakukan untuk dapat mengurus pembalikan nama selain dari biaya balik nama motor tersebut juga lumayan mudah. Banyak orang yang merasa kesulitan untuk melakukan prosedur sehingga memakai jasa calo padahal nantinya akan membuat biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih banyak. Oleh karena itu sebaiknya Anda belajar untuk mengurus sendiri proses ini untuk kenyamanan dan juga agar biaya yang dikeluarkan juga tidak membengkak. Untuk proses yang pertama adalah menyiapkan dokumen untuk balik nama tersebut. Beberapa dokumen yang perlu untuk dibawa adalah:

  • STNK yang asli dan juga fotokopiannya dari motor yang akan dibalik nama.
  • KTP dari pemilik yang baru maupun sebelumnya yang asli maupun yang fotokopi.
  • BPKB baik yang asli dan juga fotokopiannya.
  • Serta terakhir bukti pembayaran yaitu kwitansi yang telah ditandatangani dan ada materai nya.

Setelah menyiapkan dokumen tersebut, langkah selanjutnya hanya perlu ke Samsat terdekat dengan membawa serta semua dokumen yang telah dipersiapkan. Setelah datang ke Samsat proses pertama yang harus dilakukan adalah dengan tes fisik pada kendaraan yang akan dibaliknamakan. Hal ini dilakukan oleh petugas dari Samsat sendiri. Setelah selesai melakukan tes fisik kendaraan, Anda akan diberikan hasil tes fisik kendaraan tersebut. Apabila kendaraan Anda lolos dari tes fisik maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran balik nama kendaraan motor.

Pendaftaran balik nama tersebut dilakukan di loket pendaftaran. Dengan proses seperti berikut:

  • Menyerahkan berkas seperti syarat dokumen pendaftaran balik nama motor seperti yang telah disebutkan diatas.
  • Menyerahkan hasil tes fisik kendaraan yang telah dilakukan oleh petugas.
  • Mengisi formulir pendaftaran balik nama kendaraan motor yang telah Anda beli dan diserahkan kembali kepada petugas.
  • Melakukan pembayaran biaya balik nama motor dan menunggu untuk pemberitahuan selanjutnya.
  • Setelah menerima tanda terima pendaftaran Anda akan menerima notice pajak yang akan dibayar setelah melakukan pendaftaran Anda akan menerima STNK dengan nama pemilik yang baru.
0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment