Loading Posts...

Biaya Balik Nama Mobil Cara dan Syarat untuk Mengurusnya

Biaya Balik Nama Mobil Cara dan Syarat untuk Mengurusnya

 

Mobil adalah kendaraan yang banyak di idam-idamkan oleh masyarakat. Memang kendaraan jenis mobil tersebut mempunyai banyak kelebihan dari kendaraan pribadi dan juga kendaraan umum lainnya. Oleh karena bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan yang nyaman dan mempunyai uang lebih biasanya lebih memilih kendaraan jenis mobil ini. Mobil yang bisa dibeli sendiri ada dua jenis yaitu mobil baru atau jenis mobil bekas. Keduanya mempunyai perbedaan dari kualitas mobil yang akan didapatkan. Selain itu, untuk mobil bekas juga membutuhkan untuk balik nama mobil yang akan dibelinya tersebut. Dimana untuk biaya balik nama mobil akan membutuhkan pengeluaran lebih daripada harga mobil bekas itu sendiri. Oleh karena sebelum membeli mobil sebaiknya perhatikan dulu jenis mobil yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Mobil bekas sendiri adalah pilihan untuk masyarakat yang ingin memiliki mobil lebih murah. Selain karena lebih murah, banyak orang yang memilih membeli mobil bekas juga karena tidak ingin mengambil kredit sehingga mencari mobil yang sesuai dengan uang yang dikumpulkannya. Selain dari harga, mobil bekas juga bisa dibeli karena hobi seseorang untuk mengoleksi mobil antik yang justru harganya lebih mahal. Ada banyak pertimbangan lainnya mengapa seseorang lebih memilih mobil bekas daripada yang baru.

Apabila telah memutuskan untuk membeli mobil bekas, biasanya ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan selain dari harga mobil itu sendiri. Misalnya biaya balik nama mobil karena di surat kendaraan tersebut akan memuat nama pemilik sebelumnya. Sedangkan untuk mengurus dokumen seperti perpanjangan STNK dan lainnya harus menunjukkan identitas dari nama yang ada di surat dokumen. Oleh karena itulah masyarakat perlu untuk melakukan balik nama mobil agar tidak selalu meminjam kartu identitas dari pemilik sebelumnya. Selain itu, ketika akan dijual kembali juga akan lebih mudah baik untuk Anda maupun pembeli baru nantinya. Sehingga balik nama mobil merupakan sesuatu yang harus dilakukan apabila membeli mobil bekas.

Akan tetapi tentu saja banyak masyarakat yang menganggap balik nama mobil tersebut tidak terlalu penting. Selain karena biayanya yang tergolong mahal, proses untuk balik nama juga dikenal rumit. Oleh karena itulah banyak yang rela untuk bolak-balik meminjam identitas dari pemilik sebelumnya. Akan tetapi demi keamanan sendiri, sebaiknya balik nama mobil harus dilakukan sesegera setelah melunasi mobil bekas yang dibeli.

Untuk biaya yang harus dikeluarkan untuk balik nama mobil sendiri terbagi menjadi dua hal yaitu biaya pajak dan non pajak. Dimana keduanya mempunyai perbedaan seperti berikut ini:

  • Biaya pajak merupakan jenis biaya saat melakukan perubahan STNK mobil tersebut. Seperti misalnya biaya PKB, biaya BBN KB, biaya SWDKLLJ, biaya administrasi STNK, dan juga biaya administrasi TNKB.
  • Biaya non pajak adalah jenis biaya diluar biaya yang tertera dalam STNK seperti diatas. Biaya ini ada yang biaya yang dikeluarkan tetapi tidak sama untuk setiap daerah karena tergantung dengan kebijakan daerah masing-masing.

Biaya balik nama mobil yang akan dikeluarkan nantinya memang tidak terlalu murah yaitu sekitar 2 juta lebih. Tetapi untuk kemudahan kedepannya sebaiknya tetap harus dilakukan apabila membeli mobil bekas. Sedangkan untuk syarat yang harus dipersiapkan untuk balik nama mobil di Samsat adalah:

  • Fotokopi KTP untuk pemilik baru dan lama mobil tersebut.
  • BPKB yang asli dan fotokopi nya.
  • STNK yang asli dan fotokopi nya.
  • Kuitansi pembelian mobil tersebut dengan disertasi materai 6 ribu.
0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment