Loading Posts...

Apa Sih EDC Itu! Yuk Simak Penjelesan Lengkapnya

Apa Sih EDC Itu! Yuk Simak Penjelesan Lengkapnya
Sumber: bca.co.id

Cara kerja mesin EDC adalah bagaimana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memudahkan kita untuk melakukan transaksi tarik tunai baik itu dari indomart maupun alfamart. Fungsi dari mesin EDC adalah sebagai alat gesek tarik tunai yang tidak hanya untuk transaksi pembayaran belanja, namun juga bisa digunakan untuk pembayaran biaya tiket pesawat, listrik, dan biaya tol.

Electronic Data Capture (EDC) dapat memudahkan bertransaksi memakai kartu e-money atau kartu debit dan kredit. Apabila anda ingin mengetahui bentuk mesin EDC, dapat anda lihat di meja kasir minimarket, biasanya bentuknya besar dan berwarna biru. EDC juga dapat ditemukan di tempat jalan tol (gerbang tol) yang penggunanya cukup dengan menempelkan kartu.

Baca juga: Pilihan Bank di Indonesia yang Paling Bagus

Cara kerja mesin EDC ini yaiu pertama bawa kartu ke kasir, setelah itu pihak kasir akan memasukan nominal uang yang dibayarkan. Lalu Anda disuruh untuk memasukkan PIN pada mesin. Setelah itu kartu di gesek dan bukti struk transaksi keluar, kemudian Anda disuruh tanda tangan pada struk tersebut. Dan pastinya saldo anda akan terpotong.

Jenis, Karakteristik dan Tips Aman Dalam Mengunakan Mesin Electronic Data Capture (EDC)

  1. Fixed Line

EDC tersebut menggunakan line telepon yang didapat dari telkom, sedangkan biayanya akan dibayarkan ke telkom juga. Komunikasinya menggunakan fiber optik dari telkom.  Harga tergantung pada telkom sendiri dan dapat berubah-ubah sesuai kebijakan telkoms

  1. GPRS.

GPRS ini tergantung pada sinyal selular. Dan sumber kekuatannya dari listrik PLN maka dari itu harus tersambung pada stop kontak PLN. Bagaimana cara kerjanya?. Yaitu dengan menggunakan SIM card seperti handphone dan ini wajib tersambung pada stop kontak pengganti pemakaian baterai.

  1. GPRS Mobile

bedanya dari GPRS adalah GPC ini memanfaatkan sinyal selular dan tidak selalu di colok di stop kontak, sebab GPRS Mobile ini menggunakan baterai dan bisa diisi ulang serta dapat dibawa kemana-mana. Biasanya dapat ditemukan dan di gunakan di pameran-pameran.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Angsuran Bank

Karakteristik dari Electronical Data Capture (EDC) dapat dikatakan seperti mesin ATM mini. Jadi pemakaian atau pengguna wajib memasukkan PIN kartu pada saat kasir sudah memberi tahu jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Saat ini memasukkan PIN hanya di bank BCA. Dan di bank-bank lainnya tidak perlu untuk memasukkannya. Karena hanya BCA yang mempunyai EDC debit.

Biaya yang anda keluarkan setelah menggunakan mesin ini sebesar 2,5-3%, itupun jika transaksi di bank yang berbeda dengan yang bank Anda gunakan. Tenang, biaya tersebut menjadi tanggung jawab atau beban dari pemilik toko tersebut dan bukan pada Anda customer. Apalagi sering kita ketahui bahwa lebih berhati-hati untuk menggunakan mesin EDC.

Baca juga: Jenis Aplikasi Kredit Bank, Kelebihan Serta Kekurangannya

Kenapa harus berhati-hati buat Anda semua?. Sebab mesin ini juga punya kelemahan yang mana bisa jadi terjadinya pencurian data nasabah. Sedikit tips aman bagi Anda pengguna mesin EDC yaitu jangan lupa untuk menutup dengan menggunakan tangan Anda ketika memasukkan PIN, cek dulu nominal uang sebelum PIN dimasukkan.

Ada lagi yaitu ketika Anda memberikan kartu ke petugas, tetap waspada dan ikuti petugas merchant tersebut sampai ke meja kasir. Jika transaksi yang Anda lakukan gagal, jangan lupa untuk menghubungi dan mendatangi bank pembuat kartu. Dan pastinya bawa kembali kartu Anda setelah sudah melakukan transaksi.

Baca juga: Bank Danamon dan Tips untuk Menabung

Semoga artikel ini bermanfaat, dan pastinya tetap berhati-berhati dimanapun Anda berada, karena kejahatan ada dimana-mana. Itulah sedikit penjelasan mengenai cara kerja mesin EDC. Sekian terimakasih.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Leave a Comment